Iklan

iklan

Legislator ini Minta Bantuan CSR Perusahaan Harus Terdata dan Tercatat

Selasa, 13 Juni 2023 | Juni 13, 2023 WIB Last Updated 2023-07-03T11:18:42Z

 



MUARA TEWEH - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Utara melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama tiga managemen perusahaan pertambangan, PT Unerig, PT Batara Perkasa dan PT Mega Multi Energi (MME), Selasa (13/06/2023).

RDP dipimpin Ketua Komisi III, H Tajeri dan pihak eksekutif yang di hadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Barito Uatra, H Gazali Montalatua.

Anggota DPRD Barito Utara, H Benny Siswanto menghimbau perusahaan yang beroperasi di daerah ini, melaporkan CSR yang telah diberikan kepada desa sekitar wilayah operasinya, ke pemerintah daerah setempat. "Kami harapkan agar semua bantuan baik itu CSR atau bantuan lain dari perusahaan bisa terdata dan tercatat. Tidak menimbulkan asumsi lain-lain," kata Benny Siswanto.

Politis PKB Mura Ini juga meminta pihak perusahaan jika melakukan rencana dan realisasi CSR terhadap desa-desa binaan yang masuk kawasan ring satu wilayah operasi kerja, diminta bisa berkordinasi dengan pemerintah daerah.

Hal ini menghindari penyalahgunaan dana desa dan alokasi dana desa. Kordinasinya melalui dinas terkait yaitu dinas SosPmd. Selain dinas terkait juga melaporkan CSR yang sudah disalurkan dengan memberikan tembusan laporan ke pihak desa dan juga kecamatan.

Sementara itu, anggota DRD lainnya, Henny Rosgiaty Rusli menambahkan,  perusahaan tambang diminta menyediakan dana CSR untuk membuka pelatihan calon tenaga kerja. Harapannya dengan dilakukannya pelatihan ini, perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan skill tertentu tersedia di daerah ini berkat adanya program magang dan program beasiswa pendidikan.

Pada RDP yang di pimpin Ketua Komisi III, H Tajeri dan pihak eksekutif yang di hadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H Gazali Montalatua, sempat menegur managemen PT MME yang absen hadir.

DPRD akan melayangkan surat teguran ke PT MME, mengingatkan untuk tidak mengulangi. "Jika tidak hadir bisa di kirim surat atau pesan melalui telpon juga whatapps. Rapat ini sangatlah penting untuk perusahaan dan juga kami di DPRD, untuk mengevaluasi  kegiatan perusahaan dan dampaknya kepada masyarakat Barito Utara," kata Tajeri.(UZI)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Legislator ini Minta Bantuan CSR Perusahaan Harus Terdata dan Tercatat

Trending Now

Iklan

iklan