Iklan

iklan

Peduli dengna Warga Sekitar Operasi, DPRD Barito Utara Apresiasi PT Medco

Jumat, 16 Juni 2023 | Juni 16, 2023 WIB Last Updated 2023-07-03T06:32:06Z

 



MUARA TEWEH - Medco Energi Bangkanai Limited(Medco E&P) sebagai kontraktor kerja sama (SKKS) beroperasi di bawah pengawasan SKK Migas wilayah Barito Utara, di apresiasi kalangan DPRD Barito Utara.

Keberadaan perusahaan gas bumi ini, dinilai para wakil rakyat, cukup peduli dengan warga di sekitar wilayah operasi, yaitu di Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara, Kalteng.

Manager Field Relation and Security Regional Kalimantan, Rivian Pragitta Oktara kepada wartawan usai mengikuti RDP, Senin (16/06/2023) mengatakan, Medco berkomitmen mendukung pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa di Barito Utara sekitar wilayah operasinya.

Dikatakannya, tarkait jalan perusda yang berstatus jalan kabupaten yang rusdak parah di Desa Muara Inu, Medco E&P sudah berkordinasi dengan pemerintah daerah, DPRD, dan intansi terkait serta pemerintah desa, di rapat tadi.

Rivian menjelaskan, bahwa Medco E&P telah berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur jalan tersebut sejak tahun 2019 hingga 2021.

Ia memastikan bahwa tidak ada fasilitas operasi milik perusahaan yang terpasang di sepanjang jalan tersebut.

Saat ini, lanjutnya, perusahaan tengah fokus membantu perbaikan jalan desa di Muara Inu. Medco E&P juga telah berpartisipasi perbaikan jalan di desa-desa lain di sekitar wilayah operasi. 

"Perusahaan berterima kasih atas dukungan masyarakat dan pemangku kepentingan, sehingga dapat terus memenuhi kebutuhan energi nasional dengan aman dan lancar," ujar Rivian Pragitta Oktara.

Sementara Anggota DPRD Barito Utara, Hasrat Sag mengucapkan terima kasih kepada PT Medco sudah peduli dengan desa-desa disekitar wilayah operasinya.

Namun kata politisi asal Partai Amanat nasional (PAN) ini, pihak perusahaan juga mesti bersedia memberikan data-data atau laporan terkait penggunaan dana CSR ke pemerintah daerah dan juga DPRD.

"Kita juga perlu mengetahui penggunaan dana-dana itu apakah sudah tepat sasaran atau tidak. namun atas kepedulian dan komitmennya untuk berkontribusi serta mendukung pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa sekitar wilayah operasi kami apresiasi," kata Hasrat.

Sebelumnya, Kepala Desa Muara Inu, Hernadi dalam, forum rapat mengucapkan, terima kasih sebesar besarnya kepada PT Medco, bahwa medco telah berkontribusi banyak terhadap desa-desa di sekitar wilayah operasi.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Medco karena telah berkontribusi menggarap dan memperbaiki jalan sepanjang 7 km. Kontribusi ini sangat dinikmati warga desa dan mereka sangat senang jalan diperbaiki," sebut Hernadi.

Sementara itu, Camat Lahei Barat, Adi Suwarna mengakui, jika PT Medco sangat perhatian terhadap desa-desa di sekitar wilayah operasi.

Dia mengatakan, bahwa ada beberapa desa di wilayahnya mendapat bantuan dana CSR cukup besar, hingga mencapai Rp350 juta per desa per tahun.

"Namun kami memberi masukan, andai saja bisa bantuan dana itu dimasukkan ke dalam APBDes akan lebih baik. Sehingga pihak kecamatan bisa ikut ambil bagian dalam pengawasan. Infut di dapat, dana bantuan bisa tpat sasaran dan tepat guna," kata Adi. (UZI).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peduli dengna Warga Sekitar Operasi, DPRD Barito Utara Apresiasi PT Medco

Trending Now

Iklan

iklan