Iklan

iklan

Waspada Rabies, Pemilik Hewan Peliharaan Lakukan Vaksinasi Cegah Penularan

Jumat, 16 Juni 2023 | Juni 16, 2023 WIB Last Updated 2023-07-03T11:06:20Z

 


MUARA TEWEH- Anggota DPRD Barito Utara, Heny Rosgiaty Rusli mengajak warga terutama memiliki hewan peliharaan, untuk melakukan vaksinasi hewan peliharaan guna mencegah penularan dan penyebaran penyakit rabies.

Menurut politisi DPRD Barito Utara ini vaksinasi penting diberikan sebagai upaya mencegah penyebaran rabies khususnya dari hewan ke manusia.

Legislator PDIP Barito Utara ini juga meminta kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, harusnya hewan-hewan itu dikandangkan dipelihara dengan baik agar tidak betlrkeliaran di jalan agar orang-orang juga tidak terkena bahaya dampaknya.

"Di daerah lain kasus rabies sudah banyak terjadi. Meski di tempat kita belum ada laporan, warga dan kita semua harus tetap waspada. Mari lakukan langkah pencegahan sejak dini," kata Heny Rosgiaty Rusli, Jumat (16/06/2023).

Kepada dinas terkait dalam hal ini Dinas Peternakan, ia meminta agar bisa menyiapkan diri menyediakan vaksin anti rabies binatang. Begitu pula dengan dinas kesehatan, jika ada kasus gigitan hewan untuk selalu mencatat dan melaporkan kasusnya, termasuk menyediakan vaksin untuk manusia yang terkena gigitan.

"Antisipasi penting harus dilakukan semua pihak, tidak saja pemerintah tetapi masyarakat juga diminta melakukan perhatian serius terhadap kasus rabies," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara, Pariadi melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian penyakit ( P2P), H Domi Sono mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum mendapat laporan kasus gigitan hewan mengarah penyakit rabies.

 "Memang ada beberapa laporan kasus gigitan hewan peliharaan, tetapi setelah ditangani termasuk pemberian vaksin, tidak ada kasus positif rabies. Meski begitu, seluruh layanan faskes siap siaga. Seperti di 17 puskesmas kita tersedia stok vaksin. Jikapun habis kita selalu berkordiansi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah," ungkap Domi Sono.

Dikatakannya, di semua faskes harus ada ketersediaan stok  untuk mencegah penularan penyakit.

Dia juga menghimbau agar masyarakat selalu memperhatikan binatang peliharaannya. Seperti Anjing atau Kucing agar diberikan vaksinasi rabies secara teratur.

Pasalnya, kata dia, vaksinasi tidak hanya melindungi hewan peliharaan, tetapi juga melindungi masyarakat dari penyebaran penyakit rabies yang berbahaya. vaksinasi rabies pada hewan dapat dilakukan di Dinas Peternakan atau hewan.

Sebagai informasi Dinas kesehatan menyediakan Vaksin anti rabies untuk manusia sedangkan terkait vaksin binatang yang menyiapkannya adalah Dinas Pertanian Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan yaitu Vaksin Anti Rabies untuk hewan.(UZI)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Waspada Rabies, Pemilik Hewan Peliharaan Lakukan Vaksinasi Cegah Penularan

Trending Now

Iklan

iklan