Iklan

iklan

Ketua DPRD Barito Utara Sarankan Warga Tak Membuang Sampah di Sungai

Selasa, 05 Desember 2023 | Desember 05, 2023 WIB Last Updated 2023-12-12T16:31:14Z


Muara Teweh – Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara Hj Mery Rukaini meminta kepada warga yang berada di bantaran sungai di daerah ini untuk tidak membuang sampah ke sungai.

Hal tersebut dikatakan Ketua DPRD Hj Mery Rukaini disela-sela mengikuti kunjungan Pj Bupati Drs Muhlis bersama pejabat lainnya saat peninjauan di salah satu jembatan yang di dalam Kota Muara Teweh, Selasa, (5/12/2023).

Mery mengatakan, masih ada sebagian warga masyarakat di daerah ini masih kurang akan kesadarannya terhadap kebersihan lingkungan, khususnya dibantaran sungai, dimana dapat mengakibatkan pencemaran yang sangat tidak sedap di pandang oleh mata.

"Penympukan sampah-sampah yang dibuang sembarangan tempat oknum warga masyarakat khususnya dibantaran sungai akan mengakibatkan pencemaran lingkungan,” kata Ketua DPRD Hj Mery Rukaini.

Bahkan, kata dia, apabila terjadi hujan yang deras, maka sampah-sampah akan terbawa oleh air hujan hingga terjadi penumpukan di sungai juga menimbulkan bau yang tidak sedap dan menyengat dan juga akan mengakibatkan banjir.

Padahal jelasnya Pemkab Barito Utara melalui dinas terkait sudah sering kali memberikan sosialisasi kepada masyarakat bahkan membuat papan pengumuman yang ditempatkan dibeberapa tempat yang bertuliskan “Jangan Membuang Sampah Sembarangan, Buanglah Sampah Pada Tempatnya” sepertinya hanya tulisan biasa dan di anggap angin lalu oleh sebagian masyarakat. “Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan, oleh pemerintah,” kata Hj Mery Rukaini.

Lebih lanjut Katua Dewan mengatakan, sampah apabila dikelola dengan baik dan benar akan memberikan manfaat bagi masyarakat. “Kita ada Bank sampah yang mengelola sampah dari masyarakat. Sampah ini akan dipilih dan dipilah mana yang bernilai ekonomi,” kata dia.(*) 

Foto Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ketua DPRD Barito Utara Sarankan Warga Tak Membuang Sampah di Sungai

Trending Now

Iklan

iklan