Iklan

iklan

M Abdan Al Rajab Siswa SMAN 1 Muara Teweh yang Lolos Seleksi Paskibraka Kabupaten

Kamis, 09 Mei 2024 | Mei 09, 2024 WIB Last Updated 2024-06-22T22:05:55Z


Muara Teweh – Muhammad Abdan Al Rajab siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara berhasil menorehkan prestasi membanggakan dengan lolos seleksi menjadi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Barito Utara tahun 2024.

 

Lahir di Kota Muara Teweh pada tanggal 15 Juli 2008 dari pasangan Bapak Misnatul Ajidin dan Ibu Lehawati, Abdan begitu nama yang akrab dipanggil oleh teman-teman sekolahnya. Ia berasal dari keluarga sederhana di kota Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

 

Muhammad Abdan Al Rajab ini dikenal sebagai siswa yang aktif dan memiliki semangat juang dan semangat belajar yang tinggi. Muhammad Abdan Al Rajab juga memiliki hoby berlari, berenang dan menggambar  yang telah digelutinya sejak lama.

 

Kegigihan dan disiplinnya dalam berlatih dan berolahraga berlari serta renang. Keberhasilan Muhammad Abdan Al Rajab lolos seleksi Paskibraka Kabupaten Barito Utara tidak lepas dari kerja keras dan tekadnya yang sangat kuat.

 

Muhammad Abdan Al Rajab merupakan anak ke 2 dari 3 bersaudara. Ia merupakan tulang pungggung bagi keluarga. Sebelum berangkat ke sekolah, selepas subuh Abdan bersama teman-temannya melakukan rutinitasnya sehari-hari yaitu membersihkan sampah di Pasar Bebas Banjir (PBB).

 

Hal itu ia lakukan tanpa merasa malu dan semata-mata untuk membantu kebutuhan sehari-hari dan membantu perekonomian orang tuanya. Dimana kedua orang tuanya sang bapak Misnatul Ajidin hanya bekerja sebagai tukang kayu atau kuli dan ibunya Lehawati ibu rumah tangga.

 

Apa yang membuat Muhammad Abdan Al Rajab termotivasi ikut seleksi Paskibraka ?

 

“Yang membuat saya termotivasi mengikuti seleksi Paskibraka Kabupaten adalah saya sangat ingin mengibarkan bendera Merah Putih yang hanya dapat dilakukan sekali seumur hidup.  Karena hal itu merupakan impian saya sejak masa SMP dan juga tentu untuk membanggakan kedua orang tua saya, lolos tidak lolosnya saya tetap bangga terhadap diri sendiri karena telah berusaha semaksimal mungkin,” kata Muahammad Abdan Al Rajab.

 

Bagi Abdan, Paskibraka bukan hanya sebuah menjadi bagian petugas upacara, tetapi juga wadah untuk melatih kedisiplinan, kepemimpinan, dan nasionalisme.

 

Ia juga berharap dapat memberikan kontribusi terbaiknya untuk Paskibraka Kabupaten Barito Utara dan menjadi contoh bagi generasi muda lainnya di daerah ini.

 

Apa yang akan dilakukan setelah menjadi anggota Paskibraka nanti ? Setelah saya lolos seleksi menjadi calon Paskibraka, yang pertama saya berterima kasih kepada orang tua ibu dan bapak, karena telah membantu dan memberikan doa restu kepada saya untuk menjadi anggota paskibraka.

 

“Dan juga saya sampaikan ucapan terima kasih kepada kakak-kakak pembina, pembimbing yang menemani dan memberikan motivasi kepada saya sejak dari awal saya ikut seleksi calon anggota Paskibraka hingga menjadi calon anggota Paskibraka, dan mengembangkan diri menjadi lebih baik, rendah hati dan disiplin,” kata Abdan.

 

Selama mengikuti seleksi Paskibraka, apa yang terkesan ? Kebersamaan dan pertemanan saat seleksi, banyak dapat teman dari berbagai sekolah serta banyak dapat pengalaman dan motivasi, banyak mempelajari hal hal positif yang sebelumnya dirinya kurang mengetahui.

 

Muhammad Abdan Al Rajab juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah dan guru-guru SMA Negeri 1 Muara Teweh atas bimbingan dan fasilitasi yang telah diberikan selama ini.

 

“Kami ucapkan terima kasih banyak untuk kepala sekolah serta guru-guru SMK Negeri 1 Muara Teweh yang selama ini telah memberikan bimbingan dan memfasilitasi kami sehingga kami lolos terpilih menjadi Paskibraka Kabupaten Barito Utara tahun 2024. Dukungan dan motivasi dari para guru sangatlah berarti bagi kami,” kata Abdan.

 

Kisah inspiratif Muhammad Abdan Al Rajab menunjukkan bahwa dengan kerja keras, tekad yang kuat, serta semangat pantang menyerah, kita dapat mencapai mimpi besar. Ia menjadi teladan bagi generasi muda lainnya untuk berani berkarya dan memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara.(rif/red/AF)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • M Abdan Al Rajab Siswa SMAN 1 Muara Teweh yang Lolos Seleksi Paskibraka Kabupaten

Trending Now

Iklan

iklan