Iklan

iklan

Kadis Pertanian : Panen Bersama Merupakan Dukungan dan Upaya Peningkatan Produksi

Senin, 29 Juli 2024 | Juli 29, 2024 WIB Last Updated 2024-08-02T02:03:03Z

Muara Teweh – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, Ir Sugeng mengatakan progres dan kegiatan pembangunan pertanian di kabupaten Barito Utara tahun 2024, termasuk kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini yaitu panen bersama buah semangka dan buah melon di Desa Kamawen Kecamatan Montallat.
“Salah satu wujud kepedulian dari Dinas Pertanian dalam hal bidang hortikultura berupaya memperkuat ketahanan pangan nasional khususnya di Kabupaten Barito Utara dimana isu ketahanan pangan menjadi salah satu program penting nasional yang memerlukan penanganan serius,” kata Ir Sugeng pada panen buah semangka dan Melon di Desa Kamawen, Senin (29/7/2024).,

Dikatakannya kegiatan panen bersama ini juga merupakan dukungan dan upaya peningkatan produksi dimana berdasarkan data BPS tahun 2023 konsumsi buah semangka penduduk Kabupaten Barito Utara untuk 1 orang sebesar 0,11 kg perminggu atau 5,72 kg pertahun.

Sehingga kata Kadis Pertanian Ir Sugeng, kebutuhan konsumsi buah semangka untuk penduduk Kabupaten Barito Utara tahun 2023 sebesar 915 ton untuk produksi buah semangka yang ada di Kabupaten Barito Utara adalah sebesar 28,1 ton sehingga terjadi kekurangan atau defisit sebesar 885,9 ton pertahun.

Sedangkan kata dia konsumsi buah melon penduidukan Kabupaten Barito Utara untuk 1 orang sebesar 0,01 kg perminggu atau 0,52 kg pertahun. 

Sehingga kebutuhan konsumsi buah semangka untuk penduduk Kabupaten Barito Utara tahun 2023 sebesar 83,2 ton, untuk produksi buah melon yang ada di daerah ini adalah sebesar 7,39 ton sehingga terjadi kekurangan sebesar 75,81 ton pertahun

Lebih lanjut Ir Sugeng khusus untuk kegiatan panen bersama komoditi buah semangka dan melon pada hari ini bahwa beberapa upaya yang telah dilakukan Pemkab barito Utara melalui Dinas Pertanian dalam mendukung pembangunan sektor pertanian khususnya komoditas holtikultura adalah peningkatan program sarana dan prasarana fisik yang dilaksanakan pada tahun anggaran 2024 ini.

Adapun peningkatan program sarana dan prasarana fisik yang dilaksanakan yaitu Jalan Usaha Tani, Irigasi, Tanah Air Dangkal, Embung penampungan air, dan pengadaan alsintan, pengadaan benih holtikultura dan pengadaan pupuk non subsidi.

Dikatakannya, dalam panen bersama ini, dilaksanakan di areal lahan kelompok tani Keluarga Sepakat. Panen ini di usahalan seluas 3 hektar untuk tanaman buah semangka yang siap panen. Untuk semangka siap panenseluas 1 hektar dengan varietas Madrid, Amara dan Classic dengan jumlah populasi sebanyak 11.000 batang yang siap panen sebanyak 4.000 batang dengan umur panen 60 hari.

Untuk potensi hasil sebesar 15-20 ton perhektar, dan untuk tanaman buah melon seluas 0,2 hektar dengan varietas Wuenza dengan jumlah populasi sebanyak 1.000 bantang dengan umur panen 60-65 hari sedangkan untuk potensi hasil panen sebesar 2 ton perhektar.(Tim/red)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kadis Pertanian : Panen Bersama Merupakan Dukungan dan Upaya Peningkatan Produksi

Trending Now

Iklan

iklan