Iklan

iklan

Ketua Komisi II DPRD Barito Utara Apresiasi Pelaksnaan Pelatihan LPj APBDes

Sabtu, 20 Juli 2024 | Juli 20, 2024 WIB Last Updated 2024-08-02T02:03:04Z

Muara Teweh – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Barito Utara, Karianto Saman mengapresiasi pelaksanaan kegiatan pelatihan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) APBDes, Penyuluhan Hukum, Sosialisasi Perpajakan, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, di gedung Balai Antang Muara Teweh, Kamis (18/7/2024) lalu yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas Sosial PMD) setempat.

“Sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan tersebut. Pelatihan laporan pertanggungjawaban APBDes tahun 2024 ini sangat penting dilakukan untuk lebih meningkatkan pengawasan dan fungsi kontrol terhadap penggunaan dana oleh pemerintah desa dalam hal ini kepala desa sebagai penggguna anggaran sekaligus penanggungjawab anggaran desa,” kata Ketua Komisi II DPRD Barito Utara, Karianto Saman, Sabtu (20/7/2024).

Hal ini kata politisi PDIP Barito Utara ini, agar para kepala desa se Kabupaten Barito Utara lebih jeli dan selalu berhati-hati serta waspada dalam mengelola anggaran yang ada bersama-sama dengan unsur Sekretaris Desa beserta Kaur dan Kasi selaku pelaksana pengelola keuangan desa.

Dirinya juga mengharapkan dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan di desa, Pemerintah Desa selalu mengedepankan kepentingan desa secara umum dan berasaskan keadilan untuk pemerataan pembangunan terutama bagi dana desa atau DD).

Hal itu kata dia dikarenakan dana tersebut yang berasal dari bantuan APBN sangatlah ketat penggunaannya yaitu untuk bidang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat serta untuk operasional pemerintah desa dan BLT Desa. 

Karianto Saman juga menyarankan kepada pemerintah desa sejak dari tahapan perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan pelaporan penggunaan dana hendaknya selalu mengikuti ketentuan dan aturan yang berlaku demi terselenggaranya pembangunan didesa yang tertib dan lancar. 

Lebih lanjut Ketua Komisi II mengatakan sumber-sumber dana yang diterima oleh Pemerintah Desa seperti bantuan keuangan untuk dana desa (DD), alokasi dana desa (ADD) dan bantuan pemerintah, baik pemerintah provinsi maupun kabupaten.

Kemudian pendapatan asli desa berupa hasil usaha desa, hasil bumdes, hasil kerjasama desa dan hasil aset desa yang dipisahkan, pendapatan lain-lain yang sah berupa CD CSR, bantuan pihak ke 3, hibah dan bantuan lain yang tidak mengikat.

“Dibalik begitu besarnya beban dan tanggungjawab yang diemban oleh Kepala Desa dan perangkat desanya tentunya agar selalu menjalankan keterbukaan dalam melaksanakan penggunaan dana maupun pengelolaan keuangan,” imbuhnya. 

Karianto Saman juga mengharapkan kepada Pemerintah Desa di daerah ini untuk lebih meningkatkan komunikasi dan konsultasi kepada instansi-instansi yang berkompeten terhadap pengawasan dan pengelolaan anggaran seperti dengan Dinas Sosial PMD, Inspektorat, BPKA, BappedaLitbang.

“Dan wajibnya juga selalu berkonsultasi ke kecamatan masing-masing sebagai jembatan antara Pemkab dengan pemerintah desa serta dapat berkoordinasi dengan pendamping desa dan pendamping lokal desa masing-masing.(kh3)

Karianto Saman

Ketua DPRD Apresiasi Wisuda 233 Santriwan dan Santriwati TKA dan PPA se Barut
KALTENGSATU, Muara Teweh - Sebanyak 233 santriwan dan santriwati dari 28 TKA, TPA dan TQA se Kabupaten Barito Utara angkatan ke XII dibawah naungan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-Kanak Al Quran (LPPTKA) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) diwisuda, di gedung balai Antang Muara Teweh, Jumat (19/7/2024) kemarin mendapat apresiasi dan dukungan dari Ketua DPRDE Kabupaten Barito Utara, Hj Mery Rukaini. 

Menurut Ketua Dewan, pendidikan santri TKA, TP Al Quran merupakan salah satu pendidikan yang tepat, yang membawa misi penting bagi santrinya untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai Al Quran sejak dini kepada anak-anak.

“Kegiatan khataman dan wisuda santriwan dan santriwati TKA, TP Alquran ini merupakan satu langkah strategis agar anak kita dapat tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus insan-insan Al Quran yang sholeh dan sholehah, berakhlak mulia, sehat cerdas, kreatif, mandiri dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi terhindar dari dampak negatif kemajuan teknologi, terutama teknologi penggunaan HP dan gedget yang terlihat di berbagai penjuru negeri,” kata Ketua Dewan, Sabtu (20/7/2024).

Menurut Ketua Dewan, kegiatan wisuda santri ini bukanlah sebuah tahapan akhir dalam mempelajari Al Quran. Namun juga dihimbau kepada para peserta wisuda atau santiwan dan santriwati untuk terus belajar, mendalami, mengamalkan dan mengajarkan nilai-nilai yang terkandung dalam kitab suci Al Qur'an.

Dirinya juga berharap kepada peserta wisuda menjadi anak-anak yang soleh dan solehah. Kegiatan khataman ini dilaksanakan bukan berarti para santri khatam dalam membaca kita suci Al Quran, tetapi sebagai simbol bahwa mereka (para santri-red) sudah bisa melanjutkan membaca Al Quran dan mengkatamkannya lebih banyak lagi.

“Dimana Rasulullah bersabda "Bacalah Al Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat kepada orang yang membacanya" (HR Muslim)," kata H Ardian membacakan sambutan Pj Bupati.

Ketua DPRD Barito Utara juga berharap, melalui momentum wisuda santri ini menjadikan langkah maju dalam rangka mensukseskan pembangunan bidang agama di Kabupaten Barito Utara. Pemkab Barito Utara akan selalu memaksimalkan aspek-aspek peningkatan kegiatan pendidikan keagamaan sebagai upaya membangun moral dan akhlak bagi generasi muda.

"Saya juga mengharapkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat di daerah ini terhadap kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh TKA, TPA. Tanggungjawab bukan hanya tertuju kepada pemerintah saja, tetapi juga seluruh masyarakat khususnya orang tua dalam memberikan motivasi kepada anak-anak untuk mengikuti program pembelajaran khususnya di bidang keagamaan," kata dia lagi.

Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada para ustadz dan ustazah atas dedikasi dan pengabdiannya mendidik serta memberikan pengajaran Al Quran dan agama kepada anak-anak santriwan dan santiwati kita untuk menjadi generasi penerus yang memiliki akhakqul karimah dan ," pungkasnya.(Tim/red)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ketua Komisi II DPRD Barito Utara Apresiasi Pelaksnaan Pelatihan LPj APBDes

Trending Now

Iklan

iklan