Iklan

iklan

Cooming Soon!!! Siap Mencetak Trainer yang kompeten, Kampus UKM gandeng DPP IMAN

Sabtu, 17 Agustus 2024 | Agustus 17, 2024 WIB Last Updated 2024-08-16T19:44:24Z


Bogor, (14/8) - Asisten Deputi Pengembangan SDM UKM Deputi Bidang Usaha Kecil Menengah Kementerian Koperasi dan UKM RI menggelar rapat koordinasi mempersiapkan masuknya Semester II di Kampus UKM bersama para mitra kerjanya.

Dewan Pimpinan Pusat Instruktur Milenial Amanah Nusantara (DPP IMAN) turut hadir dalam rapat koordinasi Kampus UKM dengan para mitra, instruktur, pendamping dan stakeholder pelatihan lainnya untuk mempersiapkan pelaksanaan rangkaian Kampus UKM Semester II Tahun 2024. Rapat koordinasi diselenggarakan pada tanggal 14-15 Agustus 2024 bertempat di Hotel Salak The Heritage Bogor. Acara dibuka secara langsung oleh Bapak Rhenaldy selaku Asisten Deputi Pengembangan SDM UKM Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Rhenaldy menjelaskan bahwa Kampus UKM merupakan platform digital Learning Management System berbasis website https://www.kampus-ukm.id/ untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dikelola oleh Asisten Deputi Pengembangan SDM UKM Deputi Bidang Usaha Kecil Menengah Kementerian Koperasi dan UKM. Kampus UKM merupakan implementasi kolaborasi Pentahelix yakni kerjasama antara pemerintah/lembaga, akademisi, dunia usaha (pelaku UKM), komunitas/asosiasi dan media dalam suatu ekosistem UKM.
Selain itu Kampus UKM dapat menjadi wadah dalam pelaksanaan pendidikan dan pelatihan intensif untuk UKM secara Hybrid baik daring maupun luring melalui kerjasama dengan para stakeholder. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi Usaha Kecil dan Menengah sehingga mampu naik kelas dan berdaya saing di pasar dalam negeri maupun pasar global melalui gerakan UKM Go Standart, Go Digital, dan Go Export.

Rapat kerja dilanjutkan dengan pemaparan para mitra Kampus UKM yang dimoderatori oleh Bapak Pristiyanto selaku Kepala Bidang Penguatan Kapasitas Aparatur Pembina UKM. Selain DPP IMAN para mitra yang hadir dalam rapat koordinasi antara lain Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII), Indo-Eximpro, STAR Training & Consulting, Universitas Bina Nusantara, Universitas Prasetya Mulya, Universitas Padjajaran, Pusat Inkubasi Bisnis Usaha Kecil (PINBUK), Taman Belajar Dunia Baru, CV. Kencana Hasil Bahari.

Pada Semester II ini akan dibuka kembali kelas Trainer UKM yang akan difasilitasi oleh DPP IMAN. Seperti telah kita ketahui sebelumnya rangkaian kegiatan Kampus UKM diawali terlebih dahulu dengan Webinar, Pelatihan Berbasis Kompetensi, Uji Kompetensi hingga Asistensi. 
Eka S.D.A selaku Ketua Umum DPP IMAN menyampaikan pihaknya akan mensupport penuh program-program yang berorientasi pada peningkatan kapasitas SDM KUKM di Indonesia terutama melalui sertifikasi kompetensi yang berlisensi BNSP. 
“Silahkan bagi para praktisi, akademisi, pendamping, narasumber dan para pelaku UKM yang ingin mengembangkan diri didunia Instruktur / Trainer mari manfaatkan peluang tersebut menjadi bagian dari kami Kampus UKM dengan mengikuti rangkaian acaranya sebab hanya 30 peserta terbaik yang akan dipilih untuk difasilitasi Uji kompetensi/sertifikasi secara gratis oleh Kampus UKM. Nantinya uji kompetensi akan dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Instruktur Kompeten Nusantara (LSP IKN)” ujar Eka. 

Selain Eka S.D.A hadir juga Bendahara Umum DPP IMAN Solehudin yang juga Trainer muda sekaligus Bisnis Owner. “Silahkan rekan-rekan bisa stay tune di saluran media sosial Kampus UKM untuk update informasi, jadwal, dll. Untuk Trainer sendiri rencana kita akan ada 2 kelas di mulai bulan September dan Oktober” ungkap Solehudin. 
Platform Kampus UKM tentunya dapat menjadi penunjang untuk meningkatkan kapasitas SDM di sektor UKM. Dengan adanya sinergi antara berbagai pihak, diharapkan UKM di Indonesia dapat lebih berkembang dan berdaya saing di pasar Nasional maupun Internasional.(Anang Fauzi)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cooming Soon!!! Siap Mencetak Trainer yang kompeten, Kampus UKM gandeng DPP IMAN

Trending Now

Iklan

iklan