Iklan

iklan

Desa Jangkang Baru Diresmikan Sebagai Desa Bersinar

Jumat, 20 September 2024 | September 20, 2024 WIB Last Updated 2024-09-22T12:27:21Z

Muara Teweh – Desa Jangkang Baru, Kecamatan Lahei Barat di resmikan dan di tetapkan menjadi Desa Bersinar (Bersih dari Narkoba). Penetapan dan peresmian Desa Jangkang Baru sebagai Desa Bersinar ini dilaksanakan oleh Pj Bupati Barito Utara Drs Muhlis melalui Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Barito Utara, Eveready Noor, Jumat (20/9/2024).

Dalam kegiatan peresmian Desa Bersinar Desa Jangkang Baru tersebut dihadiri Staf ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesejehateraan Rakyat, drg Dwi Agus Setijowati, Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum Evereadi Noor, Waka Polres, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Dalduk PK P3A, Kaban KesbangPol Barito Utara, Camat Lahei Barat dan undangan lainnya.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, saya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Barito Utara yang telah melaksanakan acara peresmian dan penetapan Desa Bersinar (Bersih Dari Narkoba) di Desa Jangkang Baru, Kecamatan Lahei Barat,” kata Pj Bupati Muhlis dalam sambutannya yang disampaikan Asisten Evereadi Noor, Jumat (20/9/2024) di Gedung Serba Guna Jl Anggrek RT 02, Desa Jangkang Baru, Kecamatan Lahei Barat.

Dikatakannya, saat ini penyalahgunaan narkoba telah merambah di seluruh pelosok desa dan kelurahan tidak hanya diperkotaan bahkan kecenderungannya sebagian besar penyalahgunaan narkoba justru terjadi di desa dan kelurahan, baik masyarakat sendiri maupun aparat desa tidak luput dari permasalahan narkoba.

Dan juga para pekerja yang berada di desa seperti nelayan, pekerja tambang, pekerja kelapa sawit, ibu rumah tangga, para pemuda, pelajar, juga rentan akan penyalagunaan dan peredaran gelap narkoba.

Menurutnya desa dan kelurahan yang berada diwilayah penyangga kota seperti di Desa Jangkang Baru ini bisa menjadi jalur yang sangat rawan akan peredaran gelap narkoba, selain itu adanya program pemerintah yang fokus pada kesejahteraan masyarakat desa sehingga berdampak pada perekonomian desa yang kian meningkat, kini menjadikan desa dan kelurahan sebagai potensi bisnis baru bagi para bandar narkoba. 

Maka kata dia diperlukan ketahanan yang kuat dari desa untuk menangulangi permasalahan narkoba. Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui tim terpadu Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN-PN) yang sekretariatnya di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Barito Utara dan instansi lain sebagai anggota termasuk unsur kepolisian, tim terpadu P4GN-PN berinisiatif menjadikan Desa Jangkang Baru sebagai Desa Bersinar (Bersih Dari Narkoba)

“Memerangi narkoba tidak hanya tugas tim terpadu P4GN-PN, tetapi semua pihak harus saling membantu dalam melawan kejahatan narkoba. Sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Presiden RI melalui Inpres no 2 tahun 2020 tentang rencana aksi nasional P4GN-PN tahun 2020-2024,” kata dia. 

Lebih lanjut dikatakannya tercatat di wilayah Kabupaten Barito Utara yang terdiri dari 93 desa dan 10 kelurahan dan terbagi menjadi 9 (sembilan) kecamatan, dengan data tesebut apa bila semua masyarakat dan pemerintah daerah, pemerintah desa atau kelurahan ikut bergerak dan terlibat dalam melakukan upaya pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika diyakini akan mampu menurunkan angka prevalensi penyalahgunaan narkoba dan mewujudkan Barito Utara yang bersih dari narkoba (Batara Bersinar).

“Kami berharap dengan peresmian/penetapan Desa Bersinar (Bersih Dari Narkoba) di Desa Jangkang Baru, Kecamatan Lahei Barat Kabupaten Barito Utara akan menjadi role model percontohan bagi sebelas desa lain yang ada di Kecamatan Lahei Barat dapat menyusul sebagai desa bersinar selanjutnya,” ucapnya. 

Evereadi Noor juga meminta agar warga masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan tentang bahaya narkoba dan dampaknya melalui program-program edukasi yang menyasar seluruh lapisan masyarakat, khususnya generasi muda di daerah ini.(Af/tim)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Desa Jangkang Baru Diresmikan Sebagai Desa Bersinar

Trending Now

Iklan

iklan