Iklan

iklan

Dinas Sosial PMD Barito Utara Gelar FGD Tenaga Profesional Pendamping Desa

Kamis, 26 September 2024 | September 26, 2024 WIB Last Updated 2024-09-30T13:42:35Z


Muara Teweh – Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten (Dinas SosPMD Barut) menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Tenaga Profesional Pendamping Desa se Kabupaten Barito Utara di aula dinas setempat, Kamis (26/9/2024).


Kegiatan FGD tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Sosial PMD Barito Utara  Suparmi A. Aspian dan dihadiri peserta pendampngi desa se Kabupaten Barito Utara.


Kadis Sosial PMD Suparmi A Aspian mengharapkan pendamping desa bisa melaksanakan tugas dan fungsinya dengan maksimal dan selalu melakukan koordinasi dengan pemerintah desa, kecamatan dan Dinas Sosial, PMD dalam membantu perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pelaporan sesuai aturan yang berlaku.


“Diharapkan seluruh peserta yang mengikuti kegiatan bisa berbagi informasi baik kendala maupun permasalahan yang ditemui di lapangan dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya maupun solusi serta capain yang sedang dan sudah dilaksanakan,” kata dia.


Dikatakannya, kendala atau permasalahan di lapangan dan solusinya tidak terlepas dari adanya perbedaan latarbelakang pendidikan pendamping desa maupun kondisi di lingkungan desa itu sendiri. 


“Dan pada kesempatan ini mari kita bersama-sama mencari solusi dan saling berbagi bagaimana cara penyelesaiannya yang mungkin pernah dilakukan oleh pendamping lokal desa, pendamping desa dan tenaga ahli selama ini,” ucap Suparmi.


Suparmi juga mengatakan dari tahun ketahun dinas terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan dan koordinasi kepada semua pihak termasuk pendamping desa, maka dengan itu mohon dukungan dan kerjasamanya untuk kemandirian desa-desa di wilayah Kabupaten Barito Utara.


Sementara Kepala Bidang Pembinaan Pemerintahan Lembaga Desa/Kelurahan dan Permusyarawan Desa, Tri Winarsih mengatakan tujuan dilaksanakannya FGD ini selain merupakan forum silaturahmi sekaligus juga sebagai wadah berbagi informasi yang komprehensif antara pendamping profesional desa dengan Dinas Sosial PMD selaku salah satu supra desa. 


“Melalui kegiatan ini diharapkan ada sinergitas dan penyamaan persepsi dalam pengelolaan keuangan desa mulai dari perencanaan, pelaksanaaan hingga pelaporan pertanggungjawaban APBDes,” kata Neneng panggilan akrab Tri Winarsih.


Kegiatan yang dilaksanakan di aula Dinas Sosial, PMD Kabupaten Barito Utara juga dihadiri Sekretaris Dinas Dr Sunarty, dan Kabid PFM Linjamsos Mujiburrahman serta perwakilan dari Dinas Sosial, PMD Kabupaten Barito Utara dan diikuti 47 orang pendamping desa di sembilan kecamatan di Kabupaten Barito Utara.(AF/TIM)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dinas Sosial PMD Barito Utara Gelar FGD Tenaga Profesional Pendamping Desa

Trending Now

Iklan

iklan