Iklan

iklan

Jufriansyah : Puskesmas dan Lapkesda Diharapkan dapat tingkatkan Profesionalisme

Jumat, 27 September 2024 | September 27, 2024 WIB Last Updated 2024-09-30T13:42:35Z


Muara Teweh - Pj Sekda Barito Utara Drs Jufriansyah mengatakanm melalui konsep PPK-BLUD, Puskesmas dan Labkesda diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme, mendorong enterpreneureship, transparansi, dan akuntabilitas dalam rangka pelayanan publik, sesuai dengan tiga pilar yang diharapkan dari PPK-BLUD ini, yaitu mempromosikan peningkatan kinerja pelayanan publik, fleksibilitas pengelolaan keuangan dan tata kelola yang baik. 


Hal tersebut dikatakan Pj Sekda Jufriansyah melalui Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum H Yaser Arapat saat membuka kegiatan workshop Penatausahaan Pengelolaan Keuangan BLUD UPT Puskesmas dan Lapkesda di aula Dinas Kesehatan, Jumat (27/9/2024).


“Puskesmas dan Labkesda diberikan otonomi dalam pengelolaan keuangan, pengelolaan barang milik daerah serta pengelolaan bidang kepagawaian. Puskesmas dan Labkesda juga diberikan fleksibilitas yang memadai, supaya dapat melakukan inovasi dan akselerasi secara terus-menerus, serta meningkatkan kualitas mutu layanan sesuai standar nasional,” kata dia. 


Dijelaskannya, dalam penatausahaan pengelolaan keuangan BLUD merupakan langkah awal dalam mempercepat, mempermudah dan mendukung akuntabilitas proses penganggaran, proses penatausahaan keuangan serta ketepatan pelaporan. 


“Sehingga bisa membantu dalam manajemen Puskesmas dan Labkesda dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi atas kinerja keuangan secara transparan. Saya harapkan dengan diadakannya workshop  penatausahaan keuangan BLUD UPT Puskesmas se Barito Utara dan Labkesda tahun 2024 ini peserta dapat memahami konsep dasar penatausahaan pengelolaan keuangan BLUD, termasuk pengelolaan anggaran dan laporan keuangan,” kata Pj Sekda melalui Asisten H Yaser Arapat.


Melalui workshop ini juga dirinya mengharapkan para peserta dapat memperoleh keterampilan praktis dalam penyusunan laporan keuangan, pengelolaan kas, dan penggunaan aplikasi keuangan.


“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, saya mengucapkan terima kasih kepada kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Utara beserta seluruh jajarannya yang telah melaksanakan acara workshop penatausahaan pengelolaan keuangan BLUD UPT Puskesmas se Barito Utara dan Labkesda tahun 2024. Semoga terjalin kerjasama yang lebih baik antara berbagai pihak, baik internal maupun eksternal, untuk mendukung pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel,” pungkasnya.


Sementara Kepala Bidang PSDK pada Dinas Kesehatan Barito Utara, Yessi Aria Puspita mengatakan tujuan dari kegiatan workshop ini untuk meningkatkan pemahaman tentang pengelolaan keuangan BLUD, meningkatkan kemapuan perencanaan dan penganggaran, peningkatan kompetensi serta peningkatan kualitas laporan keuangan.


Selain itu membantu dalam menghasilkan laporan keuangan yang lebihb akurat dan relevan serta mampu melaksanakan atau menerapkan pengelolaan keuangan BLUD.


“Dalam kegiatan workshop ini diikuti 58 orang peserta terdiri dari 17 Puskesmas masing-masing 3 orang dan Labkesda tiga orang. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 27-28 Seprember 2024 di aula Dinas Kesehatan Barito Utara,” kata Kabid PSDK, Yessi Aria Puspita.(AF/TIM)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jufriansyah : Puskesmas dan Lapkesda Diharapkan dapat tingkatkan Profesionalisme

Trending Now

Iklan

iklan