Iklan

iklan

Kelurahan Lanjas Gelar Kegiatan Sosialisasi UMKM tahun 2024

Kamis, 26 September 2024 | September 26, 2024 WIB Last Updated 2024-09-30T13:42:35Z


Muara Teweh – Kelurahan lanjas Kecamatan Teweh Tengah menggelar kegiatan sosialisasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bagi para pelaku usaha di wilayah Kelurahan Lanjas, di aula BappedaLitbang Muara Teweh, Kamis (26/9/2024).


Kegiatan sosialisasi UMKM tahun 2024 ini diikuti sebanyak 71 peserta dan dibuka secara langsung oleh Camat Teweh Tengah, Jati Prayogo dan dihadiri Lurah Lanjas Romiadi Bachrul, mewakili Dinas Perdagangan dan Perindustrian dan pemateri serta para pelaku usaha di Kelurahan Lanjas.


“Saya merasa bangga dan mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas dilaksanakannya kegiatan sosialisasi UMKM ini, hal ini sebagai bentuk munculnya kemauan untuk melakukan perubahan dalam rangka peningkatan ekonomi melalui jalan ekonomi produktif yaitu UMKM,” kata Camat Teweh Tengah, Jati Prayogo saat membuka kegiatan tersebut.


Dikatakan Jati, UMKM merupakan usaha produktif yang dijalankan oleh perorangan, rumah tangga, atau badan usaha. UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian indonesia karena mampu membangkitkan sektor ekonomi.


Menurut Camat Teweh Tengah ada beberapa ciri UMKM yaitu jumlah karyawan sedikit, sset yang dimiliki relatif rendah, biaya produksi tidak tinggi, berorientasi pada pasar lokal, dikelola secara mandiri dan menggunakan teknologi sederhana.


Jati juga mengatakan bahwa UMKM memiliki banyak manfaat, di antaranya sarana pemerataan tingkat ekonomi rakyat kecil, sarana mengentaskan kemiskinan, sarana pemasukan devisa. 


“Melalui kegiatan sosialisasi ini saya sampaikan agar para peserta mengikuti kegiatan sosialisasi ini sampai tuntas dan jangan setengah-setengah, agar semua tujuan dari sosialisasi ini dapat tercapai,” kata Camat Jati Prayogo.


Selain itu jelas Camat, serap ilmu pengetahuan, pemahaman, pengalaman serta ilmu keterampilan yang dipaparkan oleh narasumber maupun para pelaku usaha UMKM yang sudah sukses.


“Dan yang penting jangan sungkan untuk bertanya apabila ada hal-hal yang belum dipahami dan dimengerti. Untuk generasi muda dalam menghadapi zaman yang sangat ketat dalam persaingan di segala bidang, gugah pemikiran untuk dapat berkembang sendiri secara mandiri, cari peluang-peluang usaha melalui UMKM ini,” kata Camat. 


Jati Proyogo juga mengatakan jangan hanya mengharap agar dapat diterima menjadi ASN saja. Karena kesuksesan seseorang hanya dapat digapai dengan usaha yang keras dari pribadi-pribadi yang berkemauan maju dan berpikiran maju.


“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Lurah Lanjas beserta jajarannya yang sudah bekerja keras untuk membuat kegiatan ini terlaksana dengan baik dan sukses, dan juga saya mengapresiasi atas kehadiran para peserta pada saat ini. Kehadiran ini membuktikan adanya keinginan untuk melakukan perubahan terhadap diri sendiri yang pada akhirnya akan mengubah nasib bangsa ke depannya ke arah yang lebih baik dan mandiri,” pungkasnya.


Sementara Lurah Lanjas, Romiadi Bachrul mengatakan dalam kegiatan sosialisasi ini diikuti sebanyak 71 peserta terdiri dari kelompok UMKM sebanyak 60 orang, Kader PKK 3 orang, pengurus Karang TarunaJuwe Batara Kelurahan Lanjas 5 orang dan mahasiswa pelajar 3 orang. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan selama 1 hari di aula BappedaLitbang.


“Kegiatan sosialisasi ini diadakan sebagai ajang silaturahmi antar UMKM, meningkatkan komptensi dan pengetahuan terhadap kegiatan UMKM, sebagai upaya meningkatkan usaha dan ekonomi keluarha melalui UMKM serta saling berbagi atau sharing tentang UMKM Mandiri dan berdaya saing,” lata Lurah Lanjas.(AF/TIM)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kelurahan Lanjas Gelar Kegiatan Sosialisasi UMKM tahun 2024

Trending Now

Iklan

iklan